Anisyah Rachmawati
Blog Universitas Komputer Indonesia

Public Relations dan Search Engine

Public Relations dan Search Engine
Teknologi internet telah memungkinkan publik mencari siapa anda dan produk serta bisnis yang anda miliki lewat media internet, khususnya lewat situs pencari atau direktori bisini online. Satu-satunya alat atau fasilitas yang dipergunakan untuk mengeksplorasi berbagai data, informasi dan pengetahuan yang ada di internet adalah mesin pencari atau search engine.
Search engineadalah sebuah database elektronis yang berisi jutaan hingga miliaran alamat-alamat situs dan informasi yang berserakan di jagad Internet ini. Search engine juga suatu portal website yang menyediakan informasi pencarian data-data yang dibutuhkan pengunjung internet. Untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan, pengunjung internet masuk ke situs tersebut dan melakukan pencarian. Cara penggunaan search engine adalah dengan mengetikkan kata kunci (keyword) yang hendak dicari dan setelah itu akan ditampilkan sejumlah link yang akan mengarahkan kepada situs atau informasi yang ada relevansinya dengan keyword yang dimasukkan.
Fungsi search engine adalah untuk mencari alamat-alamat website yang berisi berbagai bentuk informasi seperti tulisan, gambar, video, dsb dengan mudah dan cepat. Terdapat beberapa Search engine yang biasa dipergunakan, antara lain : Google, Yahoo, Altavista, dsb. Salah satu search engine terpopuler adalah Google yang dapat diakses pada alamat www.google.com atau www.google.com.
Search engine (media pencari) adalah perangkat yang paling umum digunakan oleh para Public Relations, apalagi seorang E-PR dalam kaitannya untuk membangun dan mempertahankan merek yang diembannya.
Search engine sangat efektif bagi kepentingan Public Relations karena sifat dari pengunjung adalah “targeted”. Prospek yang berkunjung ke situs web anda adalah mereka yang dengan aktif mencari informasi yang mereka butuhkan mengenai produk dan jasa anda. Jadi mereka sudah punya motivasi yang bagus, apalagi setelah mereka mendarat dihalaman khusus dari situs web perusahaan anda.
Dunia Public Relations sangat erat hubungannya dengan publisitas. publisitas merupakan salah satu sarana promosi yang dilakukan oleh seorang Public Relations. Dengan majunya dunia Internet membuat semakin mau pula promosi yang dilakukan Public Relations. Media Search engine dapat membantu Public Relations dalam hal publisitas. Dengan situs yang dibuat oleh Public Relations tersebut, berisikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Public Relations. Pencari dengan kata kunci yang tepat yang mereka gunakan dalam search engine, dapat mengantarkan mereka ke situs Public Relations tersebut. Secara langsung Search engine membantu Public Relations dalam mempublisitaskan kegiatannya.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 02 Desember 12 - 22:41 WIB
Dalam Kategori : PUBLIC RELATIONS, SEARCH ENGINE
Dibaca sebanyak : 1256 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback