Anisyah Rachmawati
Blog Universitas Komputer Indonesia

E-Public Relations sebagai sebuah kampanye Kehumasan

E-Public Relations sebagai sebuah kampanye Kehumasan
Tidak hanya dalam dunia politik saja kampanye dilakukan, tetapi dalam dunia public relations pun kampanye dapat dilakukan. Kampanye public relatios (PR campaign) dalam arti sempit bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan khalayak sasaran (target audience) untuk merebut perhatian serta menumbuhkan persepsi atau opini yang positif terhadap suatu kegiatan dari suatu lembaga atau organisasi (corporate activities) agar tercipta suatu kepercayaan dan citra yang baik dari masyarakat melalui penyampaian pesan secara intensif dengan proses komunikasi dan jangka waktu tertentu yang berkelanjutan.
Dalam arti umum atau luas, kampanye public relations tersebut memberikan penerangan terus-menerus serta pengertian dan motivasi masyarakat terhadap suatu kegiatan atau program tertentu melalui proses dan teknik komuniasi yang berkesinambungan dan terencana untuk mencapai piublisitas dan citra yang positif. Kampanye (PR campaign) lebih menitikberatkan untuk membangun suatu saling pengertian dan pemahaman (soft selling) melalui persuasi dari khalayak sasaran. Metode kampanye public relations dilakukan secara berencana, memotivasi, psikilogis, dan dilakukan berulang-ulang serta berlanjut (repetition and continue).
Kampanye public relations salah satunya dapat dilakukan melalui E-public Relations. E-public relations adalah kegiatan kehumasan yang dilakukan didunia Internet. Seluruh kegiatan kehumasan dapat dilakukan melalui internet dari mulai melakukan kegiatan publikasi, sampai melakukan customer relations management dapat dilakukan melalui Internet.
Melalui E-public relations, seorang humas dapat melakukan kegiatan publikasi. Kegiatan publikasi yang dilakukan oleh seorang public relations melalui internet dapat dilakukan dengan jalan mengikuti mailing list yang sesuai dengan target market perusahaan. Selain mengikuti mailing list yang sesuai dengan target market perusahaan, public relations juga secara berkesinambungan memproduksi e-newsletter kepada member website perusahaan.
Selain publikasi, E-public relations juga dapat menciptakan berita (Media Relations). Untuk menjaga hubungan baik dengan wartawan dapat dilakukan melalui email, jika seorang public relations mempunyai database alamat email seorang wartawan akan lebih mudah dalam mengirimkan siaran pers. 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 02 Desember 12 - 22:43 WIB
Dalam Kategori : E-PUBLIC RELATIONS, KAMPANYE KEHUMASAN
Dibaca sebanyak : 1689 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback