Anisyah Rachmawati
Blog Universitas Komputer Indonesia

E-mail Dalam dunia Humas Atau Public Relations (PR)

E-mail Dalam dunia Humas Atau Public Relations (PR)
E-mail merupakan singkatan dari “Electronic mail”. Email adalah pesan atau surat secara elektronik, baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Melalui email dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet.
Adanya teknologi internet dalam dunia khususnya dunia Public Relations sangat terbantu. Karena teknologi ini dapat membantu seorang Public Relations untuk lebih cepat menginformasikan berita atau pesan-pesan pada khalayak dengan cepat dan efisien, yang lebih dikenal dengan sebutan E-PR.
Teknologi komunikasi baru memberi pengaruh terhadap meningkatnya bidang penelitian komunikasi. Isu-isu yang dikaji telah dipengaruhi oleh perubahan yang terjadi. Salah satu bidang penelitian baru yaitu penelitian terhadap isi pesan e-mail yang merupakan salah satu fasilitas yang paling banyak digunakan di internet. Hal ini karena e-mail merupakan alat komunikasi paling murah dan cepat. Melalui e-mail dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung ke internet di seluruh dunia.
Untuk melengkapi media komunikasi yang digunakan dengan maksud masyarakat dunia maya yang dituju, menggalang dukungan dan opini positif juga dapat dibangun melalui Electronic Public Relations. Berkat kemajuan teknologi telekomunikasi memberi kemudahan bagi perusahaan, organisasi, maupun individu menyampaikan informasi melalui dunia maya yang tidak ada batas negara maupun waktu sehingga diantara mereka dapat saling berkomunikasi setiap saat. Mempertimbangkan efektivitas melalui dunia maya, tidak mengherankan berbagai pihak memanfaatkan sarana ini untuk membangun opini positif tentang perusahaan, organisasi maupun individu.
Sehingga semua kegiatan terasa mudah dengan menggunakan Fasilitas E-mail untuk melakukan kegiatan Humas atau Public Relations, keuntungan menggunakan E-mail pengirimannya cepat, sangat murah biayanya, baik di dalam maupun ke luar negeri dapat mengirimkan banyak surat semudah mengirimkan sepucuk surat, surat yang datang dapat dengan mudah dicatat dan dikembalikan pengirimnya, atau disampaikan kepada orang lain. Adapun kekurangannya dalam menggunakan E-mail adalah e-mail tidak selalu sampai. Kesalahan sedikit saja pada alamatnya sudah cukup untuk menggagalkan pengiriman, tidak semua orang melihat e-mail mereka secara teratur. Dalam kegiatannya seorang humas harus bergerak cepat dalam segala tindakannya, sehingga pesan atau informasi yang akan di sampaikannya tidak terlambat dan tepat pada waktunya. Oleh karena itu, E-mail cukup efektif dalam peranan humas untuk menyampaikan informasinya atau pesan yang akan di sampaikannya.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 02 Desember 12 - 22:35 WIB
Dalam Kategori : E-MAIL, DUNIA HUMAS
Dibaca sebanyak : 1773 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback