Dampak Konvergensi Media Pada Cara Kerja Seorang Public Relations
Konvergensi memberikan kesempatan baru kepada publik untuk memperluas pilihan akses media sesuai selera mereka. Dari sisi ekonomi media, konvergensi berarti peluang-peluang profesi baru di dunia industri komunikasi. Tidak kalah pentingnya didalam mempersiapkan sumber daya yang mampu merespon kebutuhan pasar ke depan adalah sektor pendidikan. Pendidikan sekarang harus mampu merespon tantangan perubahan yang salah satunya diakibatkan oleh merebaknya media konvergen. Terutama untuk jenjang pendidikan tinggi, diperlukan bukan saja kurikulum yang merangkum berbagai aspek teknis maupun mekanis teknologi komunikasi baru (ICT), melainkan juga perlu ditanamkan kaidah-kaidah profesional sehingga pada saatnya nanti para lulusan dapat berkarya di masyarakat secara etis dan bertanggung jawab. Jika dahulu industri menjadi bagian yang berkembang pesat dan mempengaruhi komponen-komponen dalam masyarakat, namun sekarang telah berpindah menjadi era teknologi. Perkembangan pesat teknologi telah merubah budaya dan membuat masyarakat merasakan adanya kebutuhan tinggi untuk menggunakan teknologi, termasuk juga seorang humas atau public relations.
Seorang public relations yang selalu berhubungan dengan media dan publiknya baik internal maupun eksternal, tidak dapat memungkiri dampak adanya teknologi yang juga berakibat munculnya media-media baru. Perpaduan teknologi komunikasi dan media massa inilah yang membentuk media online. Jika dahulu hanya terdapat media cetak dan elektronik sebagai media massa namun sekarang terdapat media online yang banyak diminati masyarakat. Konvergensi media ini, membuat seorang public relations juga harus merubah cara kerjanya. Adanya konvergensi media khususnya media online dalam dunia, khususnya dunia public relations sangat terbantu dan mempermudah cara kerja. Karena media online ini dapat membantu seorang public relations untuk lebih cepat menginformasikan berita atau pesan-pesan pada khalayak maupun persdengan cepat dan efisien. Media online adalah media yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Sehingga semua kegiatan terasa mudah dengan menggunakan fasilitas media online untuk melakukan kegiatan humas atau public relations, keuntungannya pengiriman lebih cepat, sangat murah biayanya, baik di dalam maupun ke luar negeri dapat mengirimkan banyak surat semudah mengirimkan sepucuk surat, surat yang datang dapat dengan mudah dicatat dan dikembalikan pengirimnya, atau disampaikan kepada orang lain.
Diposting pada : Minggu, 02 Desember 12 - 22:44 WIB
Dalam Kategori : DAMPAK KONVERGENSI MEDIA, PUBLIC RELATIONS
Dibaca sebanyak : 3095 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback